PIK-KRR Griya Remaja

PIK-KRR Griya Remaja Desa Girimoyo

Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja  atau kami biasa menyebutnya dengan PIKers Griya Remaja adalah salah satu PIK-KRR dari ribuan PIK-KRR di Indonesia yang di bentuk oleh anak-anak muda desa Girimoyo, kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Organisasi ini merupakan kepanjangan tangan dari peran pemerintah melalui BKKBN untuk membentuk generassi muda yang sehat dan berkualitas melalalui kesehatan reproduksinya. Pikers memberikan penyuluhan, pelatihan dan konseling tentang segala hal yang menyangkut dunia remaja terutama yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Ada empat hal yang menjadi perhatian utama PIKers dalam menjalankan tugasnya yaitu tentang kesehatan reproduksi, HIV/AIDS, Narkoba dan Miras serta pemberdayaan remaja. Sebagaimana dalam banyak penelitian membuktikan bahwa remaja saat ini sering gagal melewati masa remajanya dengan baik karena kurangnya informasi yang benar akan hal-hal tersebut.

Dalam kesehatan reproduksi dijelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan seksualitas dunia remaja. Bagaimana mengenali alat-alat reproduksi dan menjaganya dengan baik. Ini penting bagi remaja, karena pada usia ini mereka mengalami apa yang disebut sebagai masa pubertas, dimana kejadian-kejadian baru yang berhubungan dengan seksualitas akan mulai timbul dan meninggalkan banyak pertanyaan yang harus segera diketauhi. Namun kenyataannya kebanyakan masyarakat Indonesia masih menganggap tabu untuk membicarakan seks di usia remaja dan remaja sendiri masih merasa malu untuk bertanya kepada guru atau bahkan orang tuanya. Sehingga pada akhirnya mereka mencari informasi yang salah yang justru bisa menjerumuskannya. PIKers muncul sebagai tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi yang benar akan hal tersebut dan remaja tidak perlu merasa canggung karena dalam PIKers mereka berhadapan dengan teman sebaya.

Data terakhir menegaskan bahwa banyak penderita HIV/AIDS yang berasal dari usia remaja. Ini sangat memprihatinkan, karena kebanyakan penularan HIV/AIDS di usia remaja akibat dari ketidaktahuan mereka akan seluk beluk seksualitas. Mereka terjerumus dalam seks bebas yang tidak aman dan mereka tidak sadar bahwa tindakan tersebut merupakan ancaman bagi masa depannya. Begitupula dengan Narkoba dan Miras, mereka masuk kedalamnya juga berasal dari ketidaktahuan akan bahaya yang mengancam di kemudian hari. Mereka hanya berpikir pada kesenangan sesaat dan ingin mencoba hal-hal yang baru tanpa memikirkan akibatnya. PIKers hadir memberikan pemahaman akan bahaya dari penularan HIV/AIDS dan penyalahgunaan Narkoba serta  Miras. Sehingga remaja bisa membentengi dirinya sendiri  akan bahaya-bahaya tersebut.

Disamping ketiga hal di atas PIKers juga membekali remaja dengan hal-hal positif yang memberdayakan mereka, menyiapkan mereka untuk menuju masa dewasa yang berguna bagi nusa dan bangsa. Memberikan materi-materi penyuluhan tentang life skill, pelajaran di sekolah, persiapan karir, memberdayakan hobi, penelusuran minat dan bakat serta berbagai kegiatan sosial yang melatih kepedulian mereka untuk berbagi dengan sesama dan siap terjun dalam hidup bermasyarakat. Tentu saja semua kegiatan dikemas semenarik mungkin sesuai dengan dunia remaja yang penuh semangat dan kreativitas.

PIKers Griya Remaja bisa berdiri karena dukungan yang kuat dari kepala desa Girimoyo, bapak Hady Isdiyanto, tim PLKB kecamatan Karangploso yang dikomandani oleh ibu Feri Satya Indrawati dan tentu saja partisipasi remaja-remaja desa Girimoyo dan sekitarnya. Beberapa DALAZers ada yang bergabung dalam PIKers Griya Remaja, bahkan mereka adalah perintis berdirinya PIK-KRR di kecamatan Karangploso. PIKers bermarkas di Balai Desa Girimoyo Jl. Diponegoro 4 Girimoyo, Karangploso. Beberapa bulan yang lalu kami pernah dinobatkan sebagai PIK-KRR terbaik se-kabupaten Malang. Belum banyak memang yang bisa kami lakukan tapi kedepannya kami punya harapan yang cukup besar yaitu menjadikan PIKers untuk tetap eksis dan berguna bagi remaja di kecamatan Karangploso pada khususnya dan semua remaja kabupaten Malang pada umumnya, dan tentu saja menjadi PIK-KRR terbaik tingkat nasional! Bravo DALAZers! Bravo PIKers!

One Response to “PIK-KRR Griya Remaja”

  1. syahidah kazeema Says:

    asskum. krr? opo iku??? yau g semua orang mencibirnya. padahal kita berjuang lillahita’ala…tanya ajah sama ustadz Yudi atau ustadz2 yang laennya. ustadz khoiron misalnya…kenapa bisa negative?? mungkin labeling reproduksinya kalee. eh sekalian promosi deh. aku buat novel tentang santri yang salah jurusan masuk pesantren. terus kena narkoba. so, anak santri juga bisa kena. perlu di ketahui. PIK-KRR itu ilmu tok pokoke…g porno kok.! kalau g tau dalamnya jangan sok-sokan menghina. pingin tau PIK-KRR itu apa? gabung sama kita dijamin banyak pahala!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: